Meng-qadha Shalat Saat Haidh

Pertanyaan:
Assalamu ‘alaikum warahmatullah wabarakatuh. Apakah selama kita haid shalat kita harus di-qadha’? Karena jika tidak di-qadha’ itu hukumnya haram, apakah benar? Terima kasih sebelumnya. Wassalamu ‘alaikum warahmatullah wabarakatuh.
Nurhikmah (NUR_**@***.com)
Jawaban:
Wa’alaikumussalam warahmatullah wabarakatuh.
Ketika wanita sedang haid atau nifas, dia tidak diperbolehkan melaksanakan shalat; tidak ada kewajiban meng-qadha’ shalat yang ditinggalkan. Hal ini berdasarkan hadis dari Aisyah; beliau mengatakan, “Ketika haid, kami diperintahkan untuk meng-qadha’ puasa dan tidak diperintahkan untuk meng-qadha’ shalat.” (H.R. Bukhari)
Ini adalah akidah ahlus sunnah wal jamaah. Sementara itu, ada sekte yang bernama “Khawarij”. Mereka mewajibkan agar wanita meng-qadha’ shalat yang tidak dilaksanakannya semasa haid.
Allahu a’lam.
Dijawab oleh Ustadz Ammi Nur Baits (Dewan Pembina Konsultasi Syariah).
Artikel www.KonsultasiSyariah.com
(Ustadz Ammi Nur Baits Beliau adalah Mahasiswa Madinah International University, Jurusan Fiqh dan Ushul Fiqh. Saat ini, beliau aktif sebagai Dewan Pembina website PengusahaMuslim.com, KonsultasiSyariah.com, dan Yufid.TV, serta mengasuh pengajian di beberapa masjid di sekitar kampus)


Blog, Updated at: 15.00

0 komentar:

Posting Komentar

Mushaf Al Quran - "Ayat"

Panduan Manasik Haji

Wikipedia

Hasil penelusuran

Blog Archive

Tata Cara Sholat

carasholat.com

Google+ Followers

JAZAKUMULLAH KHAIRAN......