Awal Waktu Mulai Shalat Jum’at


Syaikh Abdullah bin Abdurrahman Al Bassam rahimahullah berkata :
waktu shalat jum'at 1
Para ulama’ bersepakat bahwa akhir waktu shalat jum’at adalah selesainya waktu shalat dzuhur, yaitu dengan masuknya waktu shalat ashar.
waktu shalat jum'at 2
Mereka berselisih pendapat tentang awal waktunya : Imam yang tiga (Abu Hanifah, Malik dan Syafi’i) berpendapat : Bahwa waktunya dimulai ketika matahari tergelincir ke barat, seperti waktu shalat dzuhur. Mereka berdalil dengan hadits riwayat Bukhari (904) dari Anas, dia berkata : “Adalah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melaksanakan shalat jum’at ketika matahari sudah bergeser (condong) ke barat.”
waktu shalat jum'at 3
Dalam pendapat yang masyhur dari beliau, Imam Ahmad berpendapat : bahwa waktunya dimulai dengan mulai masuknya shalat i’ed. Beliau berdalil dengan hadits riwayat Muslim (858), dari Jabir : “Sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dulu shalat jum’at, lalu kami pergi menuju onta kami, dan kami mengistirahatkannya ketika matahari bergeser ke barat.”
waktu shalat jum'at 4
Namun mayoritas ulama’ melakukan ta’wil yang jauh pada hadits diatas serta hadits semisalnya.
Hadits Anas riwayat Bukhari tidak menafikan hadits Jabir riwayat Muslim. Karena beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam terkadang shalat jum’at sebelum matahari bergeser ke barat dan terkadang setelahnya.
waktu shalat jum'at 5
Yang lebih afdhal adalah shalat jum’at setelah matahari bergesar ke barat, karena inilah yang sering dilakukan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallamserta waktu yang disepakati oleh kaum muslimin. Berkumpul bersama-sama dan tidak berpecah belah lebih utama dan lebih baik. Wallahul Muwaffiq.
Sumber : Taudiih Al Ahkam, Jilid 2, hal. 568
http://abukarimah.wordpress.com


Blog, Updated at: 16.23

0 komentar:

Posting Komentar

Mushaf Al Quran - "Ayat"

Panduan Manasik Haji

Wikipedia

Hasil penelusuran

Blog Archive

Tata Cara Sholat

carasholat.com

Google+ Followers

JAZAKUMULLAH KHAIRAN......