Rajab adalah bulan
yang dipandang orang Arab Jahiliyah dahulu memiliki arti penting dan
keistimewaan dibanding bulan-bulan yang lain, sehingga mereka memberi nama
bulan tersebut Rajab. Kata Rajab berasal dari ????? ????? ???????
?? ???????? ???????? ???????? ????????? bermakna
menghormati dan mengagungkan, sehingga bulan rajab bermakna bulan agung. Bulan
Rajab memiliki 14 nama; yaitu Rajab, Al Asham, Al Ashab, Rajm, Al Harm,
Al Muqim, Al Mu’alla, Manshal As Asinnah, Manshal Al Aal, Al Mubri’ , Al
Musyqisy, Syahru Al ‘Athirah dan Rajab Mudhar.
Bulan Rajab tidak
memiliki keistimewaan kecuali sebagai bulan haram yang berjumlah empat. Tidak
ada satu dalilpun yang sah yang menunjukkan keutamaan dan pengkhususan bulan
ini dengan amal ibadah tertentu.
Namun berkembang
banyak ke-bid’ah-an dibulan ini, diantaranya bid’ah shalat Raghaib.
Waktu
Pelaksanaan Shalat Raghaib
Shalat Raghaib
dilakukan pada awal malam Jum’at pertama bulan Rajab diantara shalat
maghrib dan Isya dengan didahulukan puasa hari Kamis, yaitu Kamis pertama di
bulan Rajab.
Ibnu Utsaimin
berkata: “(Diantara manusia ada yang menganggap)Pada bulan Rajab ada shalat
yang dinamakan Shalat Raghaib yang dikerjakan malam Jum’at pertama antara
maghrib dan isya”
Tata Cara Shalat
Raghaib
Tata acara shalat
ini dipaparkan dalam hadits yang dihukumi sebagian ulama sebagai hadits palsu dari
Anas bin Malik:
?????? ?????? ?????
?? ???????? ???????? ?? ????????? ?????????????? : ????? ???? ?????? ????????
?????? ??????????? ??????? ???????? ???? ?????? ????? ????????? ??????? ??????
??????????? ????????????? ???????? ???????? ??????????? ???????? ????????
???????? ???????? ???? ????? ???????? ????????? ?????????? ??????? ? (?? ????
???????????? ??? ???????? ????????? ) ???? ??? ???????? ?? ???? ???? ???????
?????? ????????? ???????? ??????? ???????? ?????? ????? ????????????
???????????????? ??????? ?????? ???? ?????????? ??????? ??????? ??????????
??????? ????? ???????? ????? ????? ????? ????????? ????????? ??????? ?? ?????
????? ????? ???????? ?????????? ???? ???????? ???????? ????????? ????? ?????????????
?? ????????? ?????????? ??????? ????? ???????? ???????? ?????????? ?????
??????????? ???????? ?? ????????? ?????? ???????? ??????? ?????? ???????????
?????????? ?????????? ??????? ????? ???????? ???????????? ?????????? ?????? ???
????? ???? ?????????? ??????? ????? ???????? ????? ????????? ?????????? ???????
????? ??????? ???? : ?????????? ???????? ??????? ??? ???? ?????? ???? ? ??
?????? ?????? ?????? ????????? ?????? ?????? ???? ???? ???????? ?????????? ??
??? ????? ?????? ?????? ????????? ?? ?????? ?????? ??????????? ? ?????? ??????
???????????? ???? ????????????? ???? ?????? ???????? . ??????? ????? ????
??????? ???????? ???? ???????? ????? ???????? ?????? ?????????? ????????????
???????? ?????? ????????? ?????? ?????????? ???? ?????????? ???????? ??????
???????? ???? ????? ??????? ?????????? ???? ?????? ???? ????? ??? ????????
??????? ???????? ???? ???????? ????? ???????? ???????? ??????? ???? ?????????
????? ???????? ????????? ???????? ???? ????????????????????? ???? ???
?????????? ????? ??????? ????????? ???????? ???????????? ???? ???????? ?????
???? ?????? ????? ?????? ???????? ? ??? ?????? ??????? ?? ????????? ??????????
?? ???????? ?????? ?????????? ??????? ?????? ???? ???????? ?????????? ????
???????? ???????????? ????? ???????? ?? ???????? ?????? ???????? ????????? ????
????????? ???????
“Rajab bulan
Allah dan Sya’ban bulanku serta Ramadhan bulan umatku. Orang yang berpuasa di
hari Kamis yaitu awal Kamis dalam bulan Rajab kemudian shalat diantara Maghrib
dan ‘Atamah (Isya)- yaitu malam Jum’at- dua belas rakaat, membaca pada setiap
rakaat surat al Fatihah sekali dan surat Al Qadr tiga kali serta surat Al
Ikhlas dua belas kali, shalat ini dipisah-pisah setiap dua rakaat dengan salam,
jika telah selesai dari shalat tersebut maka ia bershalawat kepadaku tujuh
puluh kali, kemudian mengatakan Allahhumma Sholli ‘Ala Muhammadin Al Nabi Al
Umiyi Wa ‘Ala Alihi, kemudian sujud lalu menyatakan dalam sujudnya: ‘Subuhun
qudusun Rabul Malaikati War Ruh’ tujuh puluh kali, lalu mengangkat kepalanya dan
mengucapkan: ‘Rabb ighfirli warham wa tajaawaz amma ta’lam Inaka anta Al
Aziz Al A’dzham’ tujuh puluh kali, kemudian sujud kedua dan mengucapkan seperti
ucapan pada sujud yang pertama, lalu memohon kepada Allah hajatnya, maka
hajatnya akan dikabulkan. Rasulullah bersabda : ‘Demi Dzat yang jiwaku ada di
tanganNya, tidak ada seorang hamba laki-laki atau perempuan yang melakukan
shalat ini kecuali akan Allah ampuni seluruh dosanya walaupun seperti buih
lautan dan sejumlah daun pepohonan serta bias memberi syafaat dihari kiamat
pada tujuh ratus keluarganya. Jika berada di malam pertama dikuburnya akan
datang pahala sholat ini. Ia menemuinya dengan wajah yang berseri dan lisan
yang indah, lalu menyatakan: ‘Kekasihku, berbahagialah! Kamu telah selamat dari
kesulitan besar. Lalu (orang yang melakukan shalat ini) berkata: ‘Siapa kamu?
Sungguh demi Allah aku belum pernah melihat wajah seindah wajahmu dan tidak
pernah mendegar perkataan seindah perkataanmu serta tidak pernah mencium bau
wewangian sewangi bau wangi kamu’. Lalu ia berkata: ‘Wahai kekasihku! Aku
adalah pahala shalat yang telah kamu lakukan di malam itu pada bulan itu. Malam
ini aku datang untuk menunaikan hakmu, menemani kesendirianmu dan menghilangkan
darimu perasaan asing. Jika ditiup sangkakala maka aku akan menaungimu di tanah
lapang kiamat. Maka berbahagialah karena kamu tidak akan kehilangan kebaikan
dari maula-Mu (Allah) selama-lamanya.“
Dari hadits ini
kita dapat meringkas tata caranya sebagai berikut:
Jumlah rakaat dua
belas dibagi setiap dua rakaat satu salam
Bertakbir dengan
mengucapkan Allahu Akbar
Membaca setiap
rakaat surat Al Fatihah sekali, surat Al Qadar tiga kali dan surat Al Ikhlash
dua belas kali.
Kemudian ruku’ dan
sujud sebagaimana biasa.
Setelah selesai
sholat mengicapkan sholawat kepada Nabi tujuh puluh kali dengan lafadz Allahhumma
Sholli ‘Ala Muhammadin Al Nabi Al Umiyi Wa ‘Ala Alihi
Kemudian sujud
dengan membaca Subuhun qudusun Rabul Malaikati Wa Al Ruh
Lalu bangun dan
duduk dengan mengucapkan Rabb ighfirli warham wa tajaawaz amma Ta’lam
Inaka anta Al Aziz Al A’zham
Lalu sujud lagi dan
mengucapkan ucapan yang sama dengan sujud yang pertama
Kemudian berdoa
kepada Allah sesuai dengan hajat kebutuhannya.
Demikianlah tata
cara shalat Raghaib, namun hadits di atas hadits palsu yang diatas-namakan dari
Rasulullah.
Pertama
Dilaksanakan
Shalat ini tidak
pernah ada dan dilaksanakan dizaman Nabi dan para sahabatnya dan tidak pula
pada tabi’in dan tabi’it tabiin. Sholat raghaib ini mulai dikenal dilakukan di
Baitul Maqdis setelah tahun 480 H.
Hukumnya
Tidak diragukan
lagi, hukum shalat Raghaib adalah bid’ah, karena tidak didasari dengan
dalil-dalil yang shahih, menyelisihi tata cara shalat sunnah yang sudah dikenal
dan tidak pernah dikenal pada zamansalafusl shalih ada yang
melakukannya. Oleh karena itu Al ‘Izz bin Abdussalam menegaskan ke-bid’ah-an
shalat Raghaib dalam beberapa sisi, beliau memberi peringatan tegas bagi ulama
dan juga bagi ummat Islam secara umum. Adapun peringatan beliau yang khusus
untuk para ulama ada dua, yaitu:
Seorang ulama jika
melakukan shalat tersebut dapat memberi opini kepada masyarakat umum bahwa ini
adalah sunnah, maka ia berdusta atas nama Rasulullah dengan amalannya yang
terkadang mewakili lisannya.
Ulama yang
melakukan shalat ini menjadi sebab orang lain berdusta atas nama Rasulullah
dengan menyatakan: ‘Ini adalah salah satu sunnah beliau’. Padahal tidak boleh
seseorang menjadi penyebab orang lain berdusta atas nama Rasulullah.
Sedangkan
peringatan beliau yang ditujukan kepada umat Muslim secara umum adalah:
Melakukan perbuatan
bid’ah sama saja memotivasi para pembuat bid’ah untuk membuat kebidahan dan
kebohongan (hadits palsu). Padahal memotivasi berbuat batil dan menolongnya
dilarang dalam syari’at dan meninggalkan ke-bid’ah-an dan hadits-hadits
palsu dapat mencegah munculnya kebidahan dan hadits palsu. Mencegah dan
memperingatkan kemungkaran termasuk ajaran penting dalam syari’at.
Shalat ini
bertentangan dengan anjuran Nabi untuk tidak banyak bergerak dalam shalat,
karena dalam shalat ini terdapat pengulangan surat Al Ikhlash dan Al Qadar.
Menghitungnya tidak dapat dilakukan secara umum kecuali dengan menggerakkan
sebagian anggota tubuh.
Shalat ini
bertentangan dengan perintah khusyu‘, merendahkan diri,
menghadirkan hati dalam shalat, konsentrasi kepada Allah, merasakan keagungan
Allah dan memahami makna bacaan dan dzikir. Maka jika ia memperhatikan
jumlah surat dengan hatinya, maka ia telah berpaling dari Allah dan
meningalkanNya dengan satu perkara yang tidak disyari’atkan dalam shalat.
Berpaling dengan wajah dicela dalam syari’at, apalagi berpaling dengan hati
yang merupakan tujuan besar dalam shalat.
Shalat ini
bertentangan dengan aturan yang sunnah dalam shalat nafilah (shalat
yang tidak wajib), karena dianjurkankan padanya bahwa dikerjakan di rumah lebih
utama dari masjid, kecuali shalat yang dikecualikan syari’at, seperti shalat istisqa’ dan kusuf.
Rasulullah telah bersabda :
??????? ?????????
??? ???????? ???????? ???? ????????? ??? ??????????? ?????? ??????????????
Shalat ini
bertentangan dengan sunnah Nabi yaitu shalat sunah tidak dilakukan secara
berjamaah, karena disunnahkan melakukannya secara bersendirian kecuali yang
dikecualikan syari’at (semisal shalat tarawih) dan ke-bid’ah-an yang
dibuat-buat atas nama Rasulullah ini tidak termasuk darinya.
Shalat ini
bertentangan dengan sunnah untuk menyegerakan buka puasa, karena Rasulullah
bersabda:
??? ???????
???????? ???????? ??? ????????? ?????????
Shalat ini
bertentangan dengan perintah mengkonsentrasikan hati dari semua hal-hal yang
menyibukkannya sebelum masuk dalam shalat, karena shalat ini dilakukan dalam
keadaan lapar dan haus, apalagi di hari-hari yang sangat panas. Padahal tidak
boleh shalat dengan keadaan terdapat hal-hal yang menyibukkan pikirannya yang
sebenarnya dapat dihilangkan.
Kedua sujud
(setelah selesai shalat tersebut) dilarang, karena syari’at tidak mengajarkan
sujud yang tersendiri tanpa sebab sebagai amalan yang mendekatkan diri kepada
Allah. Mendekatkan diri kepada Allah dengan satu ibadah memiliki sebab, syarat,
waktu dan rukun-rukun tertentu yang tidak sah tanpanya. Sehingga sebagaimana
tidak boleh mendekatkan diri kepada Allah dengan melakukan wukuf di Arafah,
Mudzdalifah, melempar jumrah dan sa’I antara Shafa dan Marwa tanpa
berniat haji atau umrah pada waktunya dengan sebab dan
syarat-syaratnya, demikian juga tidak boleh mendekatkan diri kepada Allah
dengan sujud semata -walaupun sujud adalah ibadah- kecuali jika memiliki sebab.
Juga tidak mendekatkan diri kepada Allah dengan shalat dan puasa di setiap
waktu dan saat. Terkadang orang bodoh merasa mendekatkan diri kepada Allah
dengan amalan yang menjauhkannya dari Allah tanpa disadarinya.
Seandainya kedua
sujud tersebut disyari’atkan, tentu menyelisihi perintah khusyu’dan khudhu’ disebabkan
sibuknya menghitung jumlah tasbih dengan batin atau lahiriyah atau dengan batin
dan lahir. Rasulullah bersabda:
??? ???????????
???????? ??????????? ????????? ???? ?????? ??????????? ????? ????????? ??????
??????????? ????????? ???? ?????? ??????????? ?????? ???? ??????? ??? ??????
????????? ??????????
“Janganlah
mengkhususkan malam jum’at dari yang lain dengan sholat malam, janganlah
mengkhususkan hari jum’at dari yang lain dengan puasa kecuali puasa yang biasa
dikerjakan salah seorang kalian“.
Dalam shalat ini
terdapat hal yang bertentangan dengan sunnah Rasulullah dalam dzikir ketika
sujud, karena ketika turun firman Allah: ??????? ????? ??????? ??????????
beliau berkata: “Jadikanlah dalam sujud kalian“. Pernyataan ‘????????
?????????’ seandainya benar dari Rasulullah, namun tidak benar disendirikan
tanpa pernyataan (???????? ??????? ??? ????? ) dan tidak pula beliau
memerintahkan umatnya. Padahal sudah dimaklumi beliau tidak memerintahkannya
kecuali yang terbaik. Juga dalam pernyataan: ???????? ??????? ??? ????? terdapat
pujian yang tidak ada dalam pernyataan: ???????? ????????? .(Sampai di sini
peringatan dari Al ‘Izz bin Abdussalam)
Syaikhul Islam Ibnu
Taimiyah berkata: “Shalat Raghaib tidak memiliki dasar dan ia adalah ke-bid’ah-an,
sehingga tidak disunnahkan berjamaah dan tidak juga sendirian. Terdapat dalam
Shahih Muslim bahwa Nabi melarang pengkhususan malam jum’at dengan shalat malam
atau hari Jum’at dengan puasa. Sedangkan atsar yang ada
tentang hal itu adalah palsu menurut kesepakatan para ulama“
Dan beliau juga
berkata: “Shalat Raghaib adalah bid’ah menurut pendapat para
imam agama. Rasulullah tidak mensunnahkannya dan tidak juga seorang pun dari
para khalifah beliau. Tidak pula dianggap sunnah oleh seorang pun dari para
ulama agama seperti Malik, Syafi’I, Ahmad, Abu Hanifah, Al Tsauri, Al ‘Auza’I,
Al Laits dan lain-lainnya. Sedangkan hadits yang diriwayatkan tentang shalat
ini adalah palsu menurut ijma orang yang mengerti hadits’.
Dengan demikian
jelaslah bahwa shalat Raghaib terlarang untuk dikerjakan karena ia adalah
shalat yang bid’ah sebagaimana pendapat Al ‘Izz bin Abdussalam, An Nawawi, Ibnu
Taimiyah, Ibnul Qayyim dan Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin serta yang
lainnya.
Demikianlah
penjelasan dari kami mudah-mudahan bermanfaat.
Al Bida’ Al Hauliyah karya Abdullah bin Abdulaziz Ahmad Al
Tuwaijiri,cetakan pertama tahun 1421 H ,Dar Al fadhilah, Riyadh, KSA hal 240.
HR Ibnu Al Jauzi dalam kitab Al Maudhu’aat 2/124-125.
beliau berkata: ‘Hadits ini palsu, para ulama hadits menuduh Ibnu Juhaim
pemalsu’. Hadits ini palsu menurut para ulama, diantaranya imam Ibnu Taimiyah,
Al Syaukani, Al Fairuz Abadi, Al Maqdisi, Al Iraaqi dan Abu Syamah. (lihat
keterangan lengkapnya pada Majmu’ Fatawa hlm 23/133 dan 134, Al
Bida’ Al Hauliyah hlm 241)
HR Al Bukhari dalam Shahihnya kitab Al Adzaan hadits no
731 dan Muslim dalam Shalihnya kitab Shalat Al Musafirin, hadits
no. 781 dengan perbedaan lafadz.
Semua pernyataan Al ‘Iz bin Abdulsalam ini diambil dan diterjemahkan secara
bebas dari kitab Musajilah ‘Ilmiyah Baina Al ‘Izz bin Abdulsalam Wa
Ibnu Sholah Haula Sholat Al Raghaib Al Mubtada’ah dengan Tahqiq Syaikh
Muhammad Nashiruddin Al Albaniy dan Muhammad Zuheir Al Syaawies, cetakan kedua
tahun 1405, Al Maktab Al Islamiy, Beirut. Hlm 5-9.
0 komentar:
Posting Komentar